Jumat, 28 Juni 2013

Trait and Factor



A.    Konsep dasar
Pandangan Trait and Factor terhadap kepribadian:
Menurut teori trait and factor, kepribadian merupakan sistem atau faktor yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya seperti kecakapan, minat, sikap dan tempramen.Beberapa tokoh yang terkenal dalam teori trait and factor adalah Walter Bigham, John Darley, Donald G.Paterson dan E.G.Williamson. Teori ini berpendapat bahwa perkembangan kepribadian manusia di tentukan oleh faktor pembawaan maupun lingkungan dan kepribadian adalah suatu sistem saling ketergantungan dengan trai atau factor seperti kecakapan, minat, sikap, temprament.
Yang dimaksud dengan trait adalah suatu ciri yang khas bagi seseorang dalam berpikir, berperasaan, dan berprilaku, seperti intelegensi (berpikir), iba hati (berperasaan), dan agresif (berprilaku).Ciri itu dianggap sebagai suatu dimensi kepribadian, yang masing-masing membentuk suatu kontinum atau skala yang terentang dari sangat tinggi sampai sangat rendah.
Teori Trait-Factor adalah pandangan yang mengatakan bahwa kepsibadian seseorang dapat dilukiskan dengan mengidentifikasikan jumlah ciri, sejauh tampak dari hasil testing psikologis yang mengukur masing-masing dimensi kepribadian itu. Konseling Trait-Factor berpegang pada pandangan yang sama dan menggunakan tes-tes psikologis untuk menanalisis atau mendiagnosis seseorang mengenai ciri-ciri dimensi/aspek kepribadian tertentu, yang diketahui mempunyai relevansi terhadap keberhasilan atau kegagalan seseorang dalam jabatan dan mengikuti suatu program studi.
Dan juga Istilah konseling trait-factor dapat dideskripsikan adalah corak konseling yang menekankan pemahaman diri melalui testing psikologis dan penerapan pemahaman itu dalam memecahkan baraneka problem yang dihadapi, terutama yang menyangkut pilihan program studi/bidang pekerjaan.




Bercorak rasional, kognitif, "Directive Counseling / directive education" yang dikembangkan oleh Edmund Griffith Williamson. Semula konseling vocational, kemudian peduli pada perkembangan total individu,
Williamson menyebut dasar filsafatnya adalah personalisme, yang memandang manusia sebagai makhluk individual yang unik dan memiliki kemampuan-kemampuan yang dapat dikembangkan hingga mencapai tingkat yang ekselen (excellent).
B.     Hakikat manusia
Dalam Pendekatan Trait and Factor, memandang bahwa ada delapan dangan tentang manusia yang bisa disimpulkan dari pendapat Williamson (Lutfi Fauzan, 2004:79) yaitu sebagai berikut:
1. Manusia membawa potensi baik dan buruk. Williamson berbeda dengan Rouseau yang menganggap manusia pada dasarnya baik dan masyarakat atau lingkunganlah yang membentuknya menjadi jahat. Menurut Williamson, kedua potensi itu, baik dan buruk, ada pada setiap manusia. Tidak ada individu yang lahir membawa potensi baik semata dan sebaliknya juga tidak ada individu yang lahir semata-mata penuh dengan muatan yang buruk. Kedua sifat itu dimiliki oleh manusia, tetapi sifat mana yang akan berkembang tergantung pada interaksinya dengan manusia lain atau lingkungannya.
2. Bergantung dan berkembang optimal di masyarakat. Manusia memerlukan orang lain dalam mengembangkan potensi dirinya. Aktualisasi diri hanya akan dapat dicapai dalam hubungannya dan atau dengan bantuan orang lain, manusia tidak dapat hidup sepenuhnya dengan melepaskan diri dari masyarakat.
3. Ingin mencapai kehidupan yang baik (good life). Memperoleh kehidupan yang baik dan lebih baik lagi merupakan kepedulian setiap orang.Salah satu dimensi kebaikan adalah “arête”.Manusia berjuang mencapai arête yang menghasilkan kekayaan atau kebesaran diri. Konsep arête diambil dari bahasa Yunani yang dapat diartikan kecemerlangan (axcelent)

4. Berhadapan dengan "pengintroduksi" konsep hidup baik, dihadapkan pilihan-pilihan. Dalam keluarga, individu berkenalan dengan konsep hidup yang baik dari orang tuanya. Disekolah dia memperolehnya dari guru, selain itu dari teman dan anggota masyarakat yang lain.
5. Manusia merupakan individu yang unik karena terdapat perbedaan antara individu yang satu dengan yang lainyna.
6. bahwa manusia mencoba menggunakan pemahaman diri dan pengetahuan tentang kecakapannya untuk mengembangkan potensinya.
Teori ini berpendapat bahwa perkembangan kepribadian manusia tentukan oleh faktor pembawaan maupun lingkungannya. Pada tiap orang ada sifat-sifat umum dan sifat khusus terdapat pada seseorang yang merupakan sifat yang unik. Hal ini terjadi karena pembawaan dan lingkungan tiap orang tidak sama. Pendirian ini memandang bahwa kepribadian adalah suatu sistem saling ketergantungan dengan trait and factor seperti kecakapan, sikap, tempramen dan lain-lain.
C.     Hakikat Konseling
1.      Konseling merupakan suatu proses belajar yang menekankan hubungan rasional antara klien dan konselor.
2.      Konseling merupakan hubungan yang bersifat pribadi antara konselor dan klien yang ditujukan untuk membantu klien memahami diri, menerima diri, mengarahkan diri, dan mengaktualisasikan diri
3.      Konseling diupayakan sebagai mana pendidkan membantu klien mengembangkan  dirinya sesuai dengan nilai-nilai pribadi dan nilai-nilai masyarakat.
4.      Konsep konseling lebih luas dari pada konsep psikoterapi
D.    Tujuan konseling
Tujuan Konseling Trait and Factoradalah :
1.         Membantu klien agar merasa lebih baik dengan menerima pandangan dirinya sendiri dan membantu klien berpikir lebih jernih dalam menghadapi masalah dan mengontrol perkembangannya secara rasional.
2.         Memperkuat keseimbangan antara pengaktifan dan pemahaman sifat-sifat sehingga dapat bereaksi dengan stabil dan wajar.
3.         membantu individu mencapai perkembangan kesempurnaan berbagai aspek kehidupan manusia.
4.          membantu individu dalam memperoleh kemajuan memahami dan mengelola diri dengan cara membantunya menilai kekuatan dan kelemahan diri dalam kegiatan dengan perubahan kemajuan tujuan-tujuan hidup dan karir
5.          membantu individu untuk memperbaiki kekurangan, tidakmampuan, dan keterbatasan diri serta membantu pertumbuhan dan integrasi kepribadian
Tujuan lainnya Membantu individu tumbuh kearah perkembangan yang optimal dalam segala aspek kepribadian.
a·         Self clrafication (kejelasan diri)
b·         Self anderstanding ( pemahaman diri )
c·         Self direction ( pengarahan diri )
d·         Self actualization ( perwujudan diri )
E.     Karakteristik konseling
Karakteristik konselor
1.      Dapat menempatkan diri sebagai guru
2.      Berusaha mengarahkan klien kearah yang lebih baik
3.      Menerima sebagian tanggung jawab atas masalah klien
4.      Yakin terhadap asumsi konseling yang efektif
5.      Tidak netral sepenuhnya
6.      Memiliki keahlian dan teori perkembangan manusia dan pemecahan masalah
7.      Mempunyai keahlian melaksanakan proses konseling secara fleksibel
8.      Dapat melaksanakan strategi pengubahan tingkah laku
9.      Mempunyai ketrampilan yang seharusnya dimiliki oleh konselor
Karakteristik Klien :                             
1·      Bisa datang secara sukarela untuk konseling
2·      Bersedia belajar memahami dirinya dan mengarahkan diri
3·      Menggunakan kemampuan berfikir untuk lebih memperbaiki dirinya
4·      Mau bekerjasama dengan konselor
Karakteristik konseling :
1.       Fokus utama adalah kemampuan individu memecahkan masalah bukan terpecahnya masalah.
2.       Lebih mengutamakan sasaran perasaan dari pada intelek.
3.       Masa kini lebih banyak diperhatikan dari pada masa lalu.
4.       Pertumbuhan emosional terjadi dalam hubungan konseling.
5.       Proses terapi merupakan penyerasian antara gambaran diri klien dengan keadaan dan pengalaman diri yang sesungguhnya.
6.       Hubungan konselor dan klien merupakan situasi pengalaman terapeutik yang berkembang menuju kepada kepribadian klien yang integral dan mandiri.
7.       Klien memegang peranan aktif dalam konseling sedangkan konselor bersifat pasif reflektif.
F.      Peran dan fungsi konselor
Peran konselor adalah memberitahukan, memberikan informasi, mengarahkan, oleh karena itu, pendekatan ini di sebut directive education conseling
PERAN KONSELOR
·      Sebagai guru
·      Sebagai motivator
·      Sebagai model
·      Sebagai evaluator
FUNGSI KONSELOR
·      Dapat menempatkan diri sebagai guru
·      Menerima sebagian tanggungjawab  terhadap masalah klien
·      Bersedia mengarahkan klien ke arah yang lebih baik
·      Dapat melaksanakan proses konseling secara fleksibel
G.    Hubungan konselor dengan klien
Hubungan konselor dengan klien merupakan hubungan yang sangat akrab, sangat bersifat pribadi dalam hubungan tatap muka.Hubungan yang bersifat pribadi itu dimaksudkan agar konselor dapat menempatkan diri secara emosional dan psikologis dalam kehidupan klien.
Dalam membantu individu mengembangkan diri menjadi menusia yang penuh (full humanity), dibutuhkan hubungan yang sangat individual (highly individualized) dan pribadi (Personalized). Hubungan yang bersifat pribadi itu dimaksudkan agar konselor dapat menempatkan diri secara emosional dan psikologis dalam kehidupan diri klien. Dalam hubungan ini tidak semata-mata “problem centered”, artinya bantuan tidak langsung atau tidak segera ditujukan pada pemecahan masalahnya, tetapi mengembangkan kemampuan individu untuk memecahkan sendiri masalahnya. Suatu hubungan didasarkan pada martabat dan kehormatan bantuan terhadap klien mencapai kesimpulan hipotesis tentatif yang bermanfaat, yaitu memotivasi klien sampai bisa menggunakan potensinya secara penuh (motivated him into his full potentiality).




H.    Tahapan konseling
  1. Analisis
Analisis merupakan langkah mengumpulkan informasi tentang diri klien beserta latar belakangnya.Data yang dikumpulkan mencakup segala aspek kepribadian klien, seperti kemempuan, minat, motif, kesehatan fisik, dan karakteristik lainnya yang dapat mempermudah atau mempersulit penyesuaian diri pada umumnya.
Data yang dikumpulkan diklasifikasikan menjadi dua yaitu:
1. Data Vertikal (mencakup diri klien) yang dapat dibagi lebih lanjut atas:
  • Data Fisik: kesehatan, cirri-ciri fisik, penampakan atau penampilan fisik dsb.
  • Data Psikis: bakat, minat, sikap, cita-cita, hobi, kebiasaan dsb.
2. Data Horizontal (berkenaan dengan lingkungan klien yang berpengaruh terhadapnya): keluarga klien, hubungan dengan familinya, teman-temannya, orang-orang terdekatnya, lingkungan tempat tinggalnya, sekolahnya dsb.
2. Sintesis
Sintesis adalah usaha merangkum, mengolong-golongkan dan menghubungkan data yang telah terkumpul pada tahap analisis, yang disusun sedemikian sehingga dapat menunjukkan keseluruhan gambaran tentang diri klien.Rumusan diri klien dalam sistesis ini bersifat ringkas dan padat. Ada tiga cara yang dapat dilakukan dalam merangkum data pada tahap sistesis tersebut: cara pertama dibuat oleh konselor, kedua dilakukan klien, ketiga adalah cara kolaborasi
3. Diagnosis
Diagnosis merupakan tahap menginterpretasikan data dalam bentuk (dari sudut) problema yang ditunjukkan. Rumusan diagnosis dilakukan melalui proses pengambilan atau penarikan simpulan yang logis. Dari diagnosis ini dapat menemukan ketetapan dan pola yang menuju pada ketetapan, permasalahan, sebab-sebabnya, serta sifat-sifat siswa yang berarti dan relefan yang berpengaruh kepada kemungkinan penyesuaian atau tidak penyesuaian.
Dalam tahap ini terdapat dua kegiatan yang dilakukan, yaitu :
  • Identiffikasi masalah, Berdasar pada data yang diperoleh, dapat merumuskan dan menarik kesimpulan permasalahan klien.
  • Etiologi (Merumuskan sumber-sumber penyebab masalah internal dan eksternal). Dilakukan dengan cara mencari hubungan antara masa lalu, masa kini, dan masa depan yang dapat menerangka sebab-sebab gejala / permasalahan.
4. Prognosis 
Menurut Williamson prognosis ini bersangkutan dengan upaya memprediksikan kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi berdasarkan data yang ada sekarang dan menentukan terapinya. Misalnya: bila seorang klien berdasarkan data sekarang dia malas, maka kemungkinan nilainya akan rendah, jika intelegensinya rendah, kemungkinan nanti tdak dapat diterima dalam SNMPTN dan karirnya tidak sesuai keinginannya.
5. Konseling (Treatment)
Dalam konseling, konselor membantu klien untuk menemukan sumber-sumber pada dirinya sendiri, sumber-sumber lembaga dalam masyarakat guna membantu klien dalam penyesuaian yang optimum sejauh dia bisa. Bantuan dalam konseling ini mencakup lima jenis bantuan yaitu:
  • Hubungan konseling yang mengacu pada belajar yang terbimbing kearah pemahaman diri.
  • Mendidik kembali atau mengajar kembali sesuai dengan kebutuhan individu sebagai alat untuk mencapai tujuan kepribadiannya dan penyesuaian hidupnya.
  • Konseling dalam bentuk bantuan yang dipersonalisasikan untuk klien dalam memahami dan trampil untuk mengaplikasikan pinsip dan teknik-teknik dalam kehidupan sehari-hari.
  • Konseling yang mencakup bimbingan dan teknik yang bersifat menyembuhkan dan efektif
  • Suatu bentuk mendidik kembali yang sifatnya sebagai katarsis atau penyaluran
Yang di maksud konseling ialah usaha untuk membantu siswa sehingga lebih siap untuk memecahkan masalah situasi pentesuaianya, sebelum begitu jauh terlibat dalam konflik diri dan penilaiannya sehingga membutuhkan terapi yang dalam dan rumit.
6. Follow Up
Tindak lanjut merujuk pada segala kegiatan membantu siswa setelah mereka memperoleh layanan konseling. Teknik yang digunakan konselor harus di sesuaikan dengan individualitas siswa , mengingat bahwa tiap individu sifatnya unik, sehingga tidak ada teknik yang baku yang berlaku untuk semua. Tindak lanjut ini juga mencakup penentuan keefektifan konseling yang telah dilaksanakan.
I.       Teknik konseling
Teknik utama (major technique) yang digunakan dalam konseling “Trait and Factor”, adalah :
a.Memperkuat persesuaian antara konselor dengan klien
b. Mengubah lingkungan klien
c. Memilih atau menempatkan pada lingkungan yang sesuai
d. Mendorong klien belajar tentang ketrampilan –ketrampilan yang diperlukan.
e. Mengubah sikap-sikap klien.
Ada beberapa teknik umum yang digunakan dalam pendekatan ini :
A. Attending.
Attending adalah perilaku konselor untuk melibatkan diri dalam proses konseling meliputi : kontak mata, kualitas suara, jejak verbal, dan bahasa tubuh.
Tujuan menggunakan teknik ini adalah :
1). Menunjukkan pada konseli bahwa proses konseling konselor memperhatikansepenuhnya kepada konseli.
2). Mengkomunikasikan penerimaan konselor terhadap konseli.
3). Mengajak dan mengembangkan keterlibatan konseli secara personal dalam melaksanakan sesi konseling.
4). Menangkap secara utuh pesan dan ungkapan yang diberikan konseling baik dalam bentuk verbal maupun non verbal.
B. Opening.
Opening adalah membuka kegiatan wawancara
Tujuan Pembukaan wawancara konseling untuk :
1). Menciptakan rasa aman konseling selama mengikuti sesi konseling.
2). Mengurangi kecemasan dalam proses konseling.
3). Menciptakan kondisi fasilitas dalam konseling.
C. Acceptence
Acceptence adalah penerimaan terhadap klien.
Tujuan teknik penerimaan untuk :
1). Mengkomunikasikan sikap dasar konselor terutama ketika membentuk suasana akrab.
2). Disadarinya oleh konseling bahwa konselor benar-benar mendengarkan apa yang dikatakannya.
3). Terbentuknya suasana emosional klien.
D. Restatement dan Pharaprasing.
Restatement adalah mengulang atau menyatakan kembali sebagian pernyataan konseling yang dianggap penting.
Pharaprase adalah mengulang kalimat/ pernyataan singkat konseli secara utuh, apa adanya tanpa merubah makna.
Tujuan :
1). Diketahui oleh klien , bahwa konselor mendengarkan yang dikatakannya.
2). Diperolehnya informasi penting.
3). Terujinya data yang diverbalissasikan klien.
E. Reflection of Feeling
Reflection of Feeling adalah pantualan perasaan yang dinyatakan dalam bentuk pernyataan / sikap yang terkandung di balik pernyataan klien.
Tujuan :
1). Dirasakannya oleh klien bahwa dirinya dipahami oleh konselor.
2). Terdorongnya konseli lebih mengekprsikan perasaan-perasaannya terhadap situasi tertentu.


F. Clarification.
Clarification adalah mengungkapkan kembali isi pernyataan klien dengan menggunakan kata-kata baru dan segar.
Tujuannya :
1). Mengungkap isi pesan utama yang disampaiakn klien.
2). Memperjelas isi pesan yang diungkapkan klien.
G. Structuring
Struckturing adalah penegasan tentang batas-batas konseling itu sesungghnya.
Tujuannya :
1). Diperolehnya kesamaan harapan konselor dan klien.
2). Dipeerolehnya kesepakatan dari konseling mengenai apa terlibat dalam
metode dan tujuan konseling.
H. Summary
Meringkas adalah suatu proses untuk memadu berbagai ide dan perasaan dalam
satu pernyataan pada akhir suatu unit wawancara konseling.
Tujuannya :
1). Memadukan unsur-unsur tema yang muncul dalam pembicaraan.
2). Mengidentifikasi pola isi pembicaraan konseli.
3). Menghindari pembicara yang diulang-ulang dan bertele-tele.
4). Merangkum kemajuan yang telah dicapai dalam proses konseling.



H. konfrontasi ( pertentangan )
            Ada kesenjangan dari konseli, kemudian konselor mengumpan balikan pada klien
I. Interpetasi ( penafsiran )
Menggali arti dan makna yang terdapat di belakang kata-kata, tindakan klien.
J.   Termination ( pengakhiran )
Mengakhiri komunikasi proses konseling
I.                   Kelebihan dan kekurangan
Kekurangan
  • Pandangannya terlalu menekankan kepada pengendalian konselor dan hasil yang dicapai pada diri klien lebih banyak tergantung kepada keunggulan konselor dalam mengarahkan dan membatasi klien.
  • Banyak meminimalkan atau mengabaikan aspek afektif klien yang justru seharusnya menjadi kepedulian konselor.
  • Terlalu banyak pertimbangan yang ditekankan pada data obyektif. Penggunaan dan keyakinan yang berlebihan terhdap data ini kurang tepat karena keterbatasan reliabilitas, validitas, dan kelengkapan alat dan datanya.
  • Suatu dilema bagi konselor karena ia harus mendorong dan meyakinkan klien mewujudkan kemampuannya, tetapi ia harus melakukannya tanpa persuasi (tanpa memberikan pengaruh ).
Kelebihan
1)      Penekanan pada penggunaan data tes obyektif, membawa kepada upaya perbaikan dalam pengembangan dan penggunaannya, serta perbaikan dalam pengumpulan dan pengunaan data lingkungan.
2)      Penekanan yang diberikan pada diagnosis mengandung makna sebagai suatu perhatian masalah dan sumbernya dan mengarah pada upaya mengkreasikan teknik-teknik untuk mengatasinya.
3)      Bersifatrasional, logis dan intelektual
4)      Dalam keseluruhan tahap pemecahan masalah menggunakan langkah pemecahan secara alamiah